Nama Relay bagi pemilik kendaraan bermotor sudah tidak asing lagi, karena relay di pasang di kendaraan
bermotor dan hampir semua kelistrikan kendaraan dikontrol oleh relay.seperti pada main relay, relay klakson, relay fan radiator, relay ac, relay lampu
besar. dll.begitu pentingnya peran relay sebaiknya pemilik kendaraan sedikit banyak harus
tahu cara kerja dan fungsi relaynya. mah karena itu kali ini saya akan membahas tentang apa itu
relay, fungsinya, dan cara kerjanya
Apa itu relay
Relay adalah Saklar (Switch) yang dioperasikan secara listrik dan merupakan komponen Electromechanical (Elektromekanikal) yang terdiri dari 2 bagian utama yakni Elektromagnet (Coil) dan Mekanikal (seperangkat Kontak Saklar/Switch).
Relay menggunakan Prinsip Elektromagnetik untuk menggerakkan Kontak Saklar sehingga dengan arus listrik yang kecil (low power) dapat menghantarkan listrik yang bertegangan lebih tinggi, relay adalah sebuah saklar atau stop kontak untuk menyalurkan arus listrik ke alat yang kita inginkan
Cara kerja Relay.
Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini cara kerja sebuah relay angka 85 dan 86 adalah sebuah gulungan kawat email tembaga kecil (coil), dengan resistence/hambatannya kurang lebih 80 ohm. jika angka 85 dihubungkan ke positip aki dan angka 86 ke negatip aki, maka diseputar gulungan itu akan timbul medan magnet. angka 85 dan 86 boleh terbalik pemasangannya.
Apa itu relay
Relay adalah Saklar (Switch) yang dioperasikan secara listrik dan merupakan komponen Electromechanical (Elektromekanikal) yang terdiri dari 2 bagian utama yakni Elektromagnet (Coil) dan Mekanikal (seperangkat Kontak Saklar/Switch).
Relay menggunakan Prinsip Elektromagnetik untuk menggerakkan Kontak Saklar sehingga dengan arus listrik yang kecil (low power) dapat menghantarkan listrik yang bertegangan lebih tinggi, relay adalah sebuah saklar atau stop kontak untuk menyalurkan arus listrik ke alat yang kita inginkan
Cara kerja Relay.
Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini cara kerja sebuah relay angka 85 dan 86 adalah sebuah gulungan kawat email tembaga kecil (coil), dengan resistence/hambatannya kurang lebih 80 ohm. jika angka 85 dihubungkan ke positip aki dan angka 86 ke negatip aki, maka diseputar gulungan itu akan timbul medan magnet. angka 85 dan 86 boleh terbalik pemasangannya.
Magnet inilah yang akan menarik
pelatuk angka 30 terhubung ke 87 atau 87B, jika salah satu angka 85/86 diputus
dari aki, maka medan magnet hilang dan kontak antara 30 dan 87 terputus
kembali
Fungsi relay
Relay merupakan komponen listrik yang mempunyai 2 bagian yaitu, kumparan dan poin. Secara garis besar relay berfungsi untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik.ini dia beberapa fungsi dari relay:
Fungsi relay
Relay merupakan komponen listrik yang mempunyai 2 bagian yaitu, kumparan dan poin. Secara garis besar relay berfungsi untuk mengendalikan dan mengalirkan listrik.ini dia beberapa fungsi dari relay:
- Memperpanjang Umur Saklar
Baca juga : Motor bakar

Keuntungan memasang Relay
Seiring dengan bertambahnya usia kendaraan bermotor membuat kabel-kabel
yang menyalurkan arus listrik ke lampu, klakson mulai berkarat/resistensi. hal
ini menyebabkan arus listrik yang memasok lampu dan klakson berkurang dari yang
semestinya akibatnya lampu besar cahaya mulai meredup dan bunyi klakson pun tidak
selantang pada saat kendaraan dibeli. dengan adanya pemasangan relay maka arus listrik langsung dipasok
dari aki bebas hambatan/resistensi, maka lampu dan klaksonpun akan kembali normal
- Meminimalisir Hambatan Yang Terjadi Pada Arus
- Pengunci Mobil
- Saklar Switch Elektromagnetik
- Membuat Lampu Mobil Bisa Menyala Dengan Lebih Terang
- Melindungi Saklar
Keuntungan memasang Relay