PROSES PEMBAKARAN (Combustion) YANG TIDAK TERJADI DENGAN NORMAL

Ada 2 macam pembakaran yang tidak normal
1.Knocking
Ledakan tidak terkontrol yang terjadi setelah busi menyala

2. Pre Ignition (pembakaran yang terjadi lebih awal) 

ledakan terjadi sebelum busi menyala.

𝐊𝐧𝐨𝐜𝐤𝐢𝐧𝐠 ?

Pre Ignition  ?
Apa itu berbahaya? Apa dapat merusak mesin?

Berikut tanda-tanda yang perlu diperhatikan
1. suara menggelitik atau ping!
2. power loss
3. mesin kasar
4. getaran mesin berlebihan


 kalau ada tanda-tanda seperti diatas, kemungkinan terjadi knocking atau pre-ignition di mesin kita.
hati hati, rupanya kalau ini terjadi terlalu sering dan terjadi dengan cukup serius, ini akan menyebabkan kerusakan parah di mesin .

EFEK YANG TERJADI KARENA KNOCKING

Efek knocking kalau terjadi cukup sering dan agak parah, akan terlihat di permukaan piston yang kasar dan sedikit berlubang-lubang. knocking yang serius dapat menimbulkan loncatan tekanan dalam ruang bakar secara tidak teratur, dan dapat merusak piston.
 
EFEK YANG TERJADI KARENA PRE IGNITION
Berbeda dengan Knocking,kalau Pre-Ignition terjadi sebelum busi menyala, sehingga ketika piston masih dalam  proses pergerakan menuju TMA, combustion menyala secara tidak terkontrol, dan akan malah melawan gerakan piston yang masih bergerak keatas.
efek  pre ignition

Efek Pre-Ignition lebih serius daripada knocking, karena efek ledakan pre-Ignition langsung berbenturan / melawan gerakan piston, sehingga kalau sering terjadi atau sudah parah, bisa menjebol piston atau merusak tangkai piston.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut :
𝟏. menggunakan BBM dengan oktan terlalu rendah, yang tidak sesuai dengan rasio kompresi mesin yang terlalu tinggi
𝘴𝘰𝘭𝘶𝘴𝘪: 𝘨𝘶𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘣𝘮 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘰𝘬𝘵𝘢𝘯 𝘭𝘣𝘩 𝘵𝘪𝘯𝘨𝘨𝘪   

𝟐. busi yang menjadi terlalu panas
𝘴𝘰𝘭𝘶𝘴𝘪: 𝘨𝘶𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘶𝘴𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘢𝘥𝘦𝘮 / 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘢𝘪 𝘴𝘱𝘦𝘬 𝘮𝘦𝘴𝘪𝘯   

𝟑. suhu mesin yang terlalu tinggi
𝘴𝘰𝘭𝘶𝘴𝘪: 𝘨𝘶𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘭𝘶𝘮𝘢𝘴 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘣𝘢𝘪𝘬, 𝘴𝘦𝘩𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢 𝘨𝘦𝘴𝘦𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘥𝘪𝘮𝘪𝘯𝘪𝘮𝘢𝘭𝘬𝘢𝘯, 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘶𝘩𝘶 𝘮𝘦𝘴𝘪𝘯 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘢𝘥𝘦𝘮

Copyright © anakmtrnd. Designed by anakmtrnd