Cara kerja motor bakar bakar empat Langkah (4 Tak )
Motor 4 Langkah atau biasa yang biasa kita kenal dengan 4 Tak
Merupakan mesin atau engine pembakaran dalam, yang dalam siklus pembakaran yang terjadi akan mengalami 4 langkah piston untuk menghasilkan tenaga. langkah langkah tersebut meliputi:
- Langkah hisap (pemasukan)
- Langkah kompresi
- Langkah tenaga
- Langkah buang
Yang terjadi terjadi secara bertahap dan sangat cepat, yang secara keseluruhan memerlukan 2 kali putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus kerja pada mesin bensin maupun mesin diesel
Prinsip cara kerja :
Langkah 1
Langkah pemasukan dalam proses ini terjadi proses pemasukan campuran bahan bakar dan udara pada ruang bakar. pada Langkah ini piston bergerak dari TMA dan TMB
*(TMA : Titik mati atas / TDC : Top dead center adalah posisi yang paling atas pada gerakan piston )
* (TMB: Titik mati bawah / BDC : Bottom dead center adalah posisi yang paling bawah pada Gerakan bawah)
Posisi ini katup masuk terbuka sedangkan katup buang tertutup piston bergerak dari TMA ke TMB, menyebabkan campuran udara dan bahan bakar (gas) pada motor bensin , sedangkan pada motor diesel hanya udara murni yang masuk dalam ruang bakar. Campuran bahan bakar masuk melalui intake manifold ke ruang bakar
Langkah 2
Baca juga : cara kerja motor 2 tak
Langkah kompresi , Langkah ini piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi ini katup masuk dan katup buang tertutup (campuran udara dan bahan bakar pada motor bensin). Udara murni (pada motor diesel) di kompresikan pada ruang bakar. Sehingga terjadi tekanan yang tinggi pada ruang bakar .
Langkah 3
Langkah usaha atau langkah pembakaran, Langkah ini terjadi dimana piston bergerak dari TMA ke TMB terjadi sesaat sebelum piston mencapai TMA terjadi sebuah proses dimana piston terdorong Kembali ke TMB Kembali karena campuran bahan bakar dan udara yang di kompresikan terbakar karena terjadi percikan api pada busi yang membuat piston terdorong kembali dengan sangat cepat pada Langkah ini adalah proses yang akan menghasilkan tenaga. sedangkan pada motor diesel terjadi proses pembakaran dalam mesin pada proses ini solar dimasukan melalui injector (Nozel ) dalam bentuk kabut kedalam ruang bakar setelah itu terjadi ledakan yang membuat piston terdorong Kembali ke TMB hal itu karena tekanan di dalam udara di dalam ruang bakar yang membuat suhu dalam ruang bakar sangat tinggi yang mampu membuat solar yang di masukan melalui injector terbakar (perlu diingat pada motor diesel tidak mempunyai busi untuk membakar udara dan bahan bakar), namun terbakar karena tekanan udara dalam ruang bakar sangat tinggi mencapai suhu tertingginya, melebihi titik bakar solar. Pada motor diesel hanya terdapat busi pijar / glowplug busi ini busi khusus yang berguna hanya untuk memanaskan ruang bakar bisanya digunakan sebelum mobil dihidupkan /dalam keadaan dingin.
Langkah 4
Piston begerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk tertutup
sedangkan katup buang terbuka, yang mendorong sisa hasil pembakaran menuju
lubang pembuangan melalui katup buang dan ke udara luar