fitur fitur mobil

  Fitur pada mobil yang bermanfaat saat hujan 

Kalian mesti tau ni beberapa fitur mobil yang sangat bermanfaat saat hujan, selain wiper di kaca depan, ada beberapa fitur lain yang sudah disediakan oleh perusahan pembuat mobil yang dapat berguna saat hujan yang bahkan melindungi kalian saat berkendara  pada saat hujan .


pahami fitur-fitur mobil 

Nah inilah beberapa fitur pada mobil tersebut:

 

 1. Kontrol Traksi 

Secara umum, ban mobil telah dirancang untuk bisa menghasilkan gaya gesek maksimum dengan aspal jalan. Namun, ada beberapa kondisi tertentu yang dapat menyebabkan ban kehilangan daya cengkramnya. Dalam situasi seperti ini, ban mobil bisa berputar lebih cepat daripada normal sehingga kehilangan traksi atau daya geseknya Saat jalanan licin contohnya ,traksi roda depan akan berkurang sehingga mempengaruhi pengendalian mobil , Oleh karena masalah tersebut , pada mobil produksi terbaru telah disematkan inovasi canggih, yaitu traction control. Fitur kontrol traksi berfungsi sebagai jenis sistem keselamatan yang akan menjaga daya cengkram ban mobil dengan permukaan jalan saat sedang melaju, sistem akan mendeteksi gejala slip pada roda dan mengurangi aliran tenaga ataupun mengaplikasikan rem secara otomatis, alhasil gejal slip pada roda pun diminimalisirkan .

 2. ESP (electronic stability program )

Kontrol Stabilitas Elektronik atau disebut ESP merupakan sebuah teknologi terkomputerisasi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir slip.  Kadang, sistem ini juga mengurangi tenaga mesin sampai mobilnya terkontrol kembali. 

Mobil keluaran terbaru biasanya telah disematkan sebuah fitur Electronic Stability Control (ESC) atau juga disebut ESP (Electronic Stability Program). Fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi mempertahankan kontrol kendaraannya saat manuver kecepatan tinggi atau di jalan licin. Biasanya kondisi itu menimbulkan gejala oversteer atau understeer. 

pada prinsipnya ESP merupakan pengembangan dari kontrol traksi . disini sejumlah sensor , akan menganalisa masukan kemudi ,perputaran roda  hinnga pergerakan ban mobil ,jika mobil dirasakan bergeser dari arah yang seharusnya  maka sistem akan bekerja dan mengatur tekanan rem yang berbeda beda pada keempat  roda, Sistem pengereman langsung berjalan ke masing-masing roda, rem roda depan akan mencegah oversteer dan rem roda belakang mencegah understeer. Kadang, sistem ini juga mengurangi tenaga mesin sampai mobilnya terkontrol kembali. dan juga menyesuaikan kemudi agar kembali stabil.

3.ABS

 Jalanan yang licin akibat hujan dapat membuat mobil nyelenong tidak terkendalikan dan sulit berhenti yang berakibat kecelakaan , hal ini bisa di minmalisikan oleh sistem ABS ( anti-lock brake system)

sistem pengereman ABS merupakan sebuah sistem pengereman yang dapat mencegah roda mengunci saat Anda melakukan pengereman mendadak. Kalau pada mobil lawas, biasanya jika terjadi pengereman mendadak maka roda akan terkunci dan mobil tidak bisa dikendalikan arahnya.

saat sensor mendeteksi adanya gejala rem mengunci,maka sistem akan mengurangi tekanan rem sehingga roda dapat kembali berputar sembari tetap melakukan pengereman .cara kerja ABS  ialah ketika pengemudi menginjak rem, maka hydraulic unit akan membaca seluruh data kendaraan dan kemudian memerintahkan pompa untuk mendistribusikan tekanan minyak rem sesuai kondisi kendaraan di tiap bannya. Efek pengaturan tekanan minyak rem secara komputer berdasarkan kondisi aktual kendaraan ini membantu untuk menurunkan kecepatan kendaraan dengan cepat tanpa membuat ban terkunci sehingga kendaraan tetap mudah dikendalikan. 

4. Rear Fog lamp

Saat curah hujan yang lebat dapat membuat jarak pandang pengemudi semakin berkurang, pengemudi hanya bisa mengikuti cahaya  lampu belakang mobil kendaraan lain, namun hujan yang cukup lebat juga membuat lampu belakang yang ada terlihat kurang jelas, rear fog lamp ini berguna untuk membuat mobil dapat terindentifikasi dengan cepat oleh pengemudi lain di belakang mobil.

Rear fog lamp berfungsi sebagai alat komunikasi dengan kendaraan di belakangnya saat hujan deras dan jarak pandang yang terbatas adanya rear fog lamp diharapkan agar pengemudi di belakang mampu mejaga jarak. Sehingga walaupun kondisi jalan sedang hujan deras maupun berkabut, bukan dengan menggunakan lampu hazard, tetapi menyalakan rear fog lamp.
  fitur ini harus dimatikan saat cuaca kembali cerah ( bebas hujan dan kabut) karena dapat menyilaukan pengendara di belakang
.

5.Defogger

Perbedaan temperatur antar kabin mobil dan luar mobil saat hujan membuta kaca berembun sehingga menggangu pandangan pengemudi,saat ini terdapat fitur defogger untuk kaca depan dan belakang defogger berupa kawat pemanas yang terlletak pada kaca,umumnya terletak pada kaca belakang (rear defogger) Di kaca belakang mobil sering ditemukan garis-garis melintang berwarna kecokelatan. Sesuai namanya, defogger berfungsi sebagai penghilang embun ketika mobil melaju di bawah hujan. Saat berkendara di bawah hujan tanpa AC, pandangan di arah belakang sering kali buram karena timbulnya embun.

 

Nah itulah beberapa fitur mobil yang sangat berguna saat hujan yang dapat digunakan demi keselematan 

 

 

Copyright © anakmtrnd. Designed by anakmtrnd