4p + 3p (7p) pemasaran dalam contoh sebuah produk atau jasa
Contoh Produknya :
INDOMIE
- Price, Indomie menjual produknya dengan rentang harga yang sangat cukup terjangkau dari mulai 2.500 – 5000 . harga ini sangat bersaing dengan jenis produk yang sama dari brand yang lain yang memiliki target yang sama .
- Product, Meskipun banyak brand pesaing yang lain dengan target yang sama. indomie mencoba memiliki brand yang lebih baik yang beredar di masyarakat .maka dari itu indomie tetap menjaga cita rasa tersendiri yang khas untuk menjaga konsumen setianya. selain itu indomie juga membuat berbagai varian rasa yang menarik untuk dicoba dengan mengikuti cita rasa makanan khas indonesia yang membuat produk itu menjadi menarik.
- Place, Produk indomie dapat ditemukan diberbagai market place seperti di mall mall, warung kelontong dan sebagainya karena indomie mendistibusikan produknya dengan target bagi seluruh masyarakat .
- Promotion, Indomie mempromosikan produknya melalui media TV dalam waktu prime time,dan indomie juga menggunakan artis /brand ambassador yang cocok
- People, Karyaawan indomie yang sangat bersemangat dan juga selalu inovatif . hal tersebut karena manajemen karyawan yang diterapkan dengan baik
- Process, Dalam proses pembuatan indomie terdapat SOP yang tegas dan tepat yang membuat perlaksanaan produk indomie dapat berjalan dengan semestinya dengan lancar sesuai dengan target produksi yabg dimana proses produksi menggunakan bantuan mesin tanpa adanya campur tangan lansung dari karyawan untuk menjaga kehigenisan dari produk indomie tersebut. Dan juga karena menggunakan berbagai bantuan mesin yang sangat modern dapat membuat target produksi dapat diselesaiakan dengan cepat sesuai dengan target waktu produksi agar pendistribusian kemasyatarakat dapat berjalan sesuai dengan target pemasaran .
- Physical evidance (bukti fisik), Bukti fisik dari produk indomie dapat kita kenali dari desain menarik dan logo khas yang terlihat jelas sehingga konsumen dapat membedakan indomie dan brand lain yang beredar, yang mana desain dari indomie selalu berubah guna menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen . desain indomie juga berbeda dengan berbagai varian rasa yang menarik dan juga khas mengikuti cita rasa makanan khas indonesia