Manajemen pemasaran
contoh Periklanan (gambar/poster/dll) sebagai bentuk dari promosi pemasaran dari Brand produk/jasa dan berikan analisanya.
- Periklanan standar Internasional
- Periklanan Glokalisasi (Global to Local)
Iklan FLORIDINA
Floridina
adalah minuman menyegarkan yang terbuat dari Jeruk Florida. Dari iklan
tersebut Floridina
Orange adalah minuman rasa jeruk florida yang menyegarkan. Dilengkapi bulir
utuh jeruk asli yang kian menambah sensasi kenikmatan saat meminumnya. Kaya
akan kandungan Vitamin C yang setara dengan 2 buah jeruk Florida. Terasa nikmat
di mulut dan memuaskan dahaga seketika, terutama saat cuaca sedang panas Kali
ini kategori minuman rasa buah yang dibidiknya. Tampil dengan varian Florida
Orange, Floridina mengklaim sebagai minuman buah dengan bulir utuh buah
asli, "Real Orange Pulp", seperti yang ditawakan oleh Minutes Maid
dan Tropicana Twister.
Floridina tampil dengan logo berwarna hijau dengan kesan yang agak mirip dengan
logo Tropicana, mungkin pihak wingsfood cukup terinspirasi oleh merek Tropicana
yang sangat populer di manca negara.
di awal awal peluncurannya, dikatakan telah menggegerkan pasar minuman di
Indonesia, bahkan sempat menjadi minuman yang paling dicari oleh konsumen. Sasaran dari
iklan ini adalah para pecinta minuman yang berasa dan minuman segar. Produk ini
bisa dikonsumsi oleh semua kalangan baik yang berpendapatan rendah, sedang, dan
atas karena harga yang ditawarkan pun masih terjangkau. Minuman Floridina ini
juga bisa dikonsumsi oleh usia kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Produk
minuman Floridina ini memang benar-benar terdapat bulir-bulir buah jeruk sesuai
dengan iklannya, ibarat meminum jus buah jeruk tetapi ini lebih berwarna
oranye. Produk ini segar dinikmati dalam
keadaan dingin yang dapat melepas dahaga, apalagi saat cuaca sedang terik.
Kemasan botol yang ukurannya standar bersifat fleksibel yang dapat dibawa
kemana-mana dan dinikmati dimana saja. Warna kemasan yang condong ke warna
oranye juga memberi kesan kesegaran minuman jeruk dan buah jeruk yang berwarna
oranye juga. Minuman Floridina ini memiliki rasa manis yang pas yang tidak
membuat konsumen bosen mengkonsumsinya.
Jika dianalisis dari iklan bagi konsumen tersebut :
· Mengenali kebutuhan
Konsumen mulai merasa haus karena gambar minumannya yang meyegarkan hingga ingin melepaskan dahaga.
· Mencari informasi
Konsumen akan mulai mencari dimana produk ini dijual dan ada yang bertanya-tanya mengenai kesegaran minuman ini. Menanyakan harganya, rasa, dan semua yang berkaitan dengan minuman segar Floridina ini.
· Mengevaluasi alternatif
Konsumen memikirkan segala pertimbangan untuk membeli atau tidak yang disesuaikan dengan keinginannya dan kebutuhan sesuai dengan budgetnya dari segala informasi yang sudah didapatkan.
· Mengambil keputusan
Konsumen Floridina sudah mempertimbangkan dengan matang untuk membeli karena sesuai dengan kebutuhannya. Akan tetapi bisa jadi tidak karena tiba-tiba terdapat kebutuhan pangan lain yang harus dipenuhi.
· Evaluasi pasca pembelian
Setelah membeli produk minuman Floridina dan meminumnya karena konsumen menginginkan minuman segar sehingga konsumen merasa puas dan terlepas dahaganya. Segarnya minuman telah membuat konsumen membeli dan membeli lagi (Pembelian berulang).
Itulah hasil analisis deskripsi tentang suatu iklan minuman segar merek Floridina Florida Orange.