Apa itu 𝐁𝐀𝐂𝐊𝐅𝐈𝐑𝐄 ?
Apa itu 𝐀𝐅𝐓𝐄𝐑𝐅𝐈𝐑𝐄
?
Backfire atau Afterfire, adalah masalah di pembakaran. banyak orang yang
menyamakan ke dua hal ini, tapi Backfire dan AfterFire bisa dibedakan dari
tempat dimana api itu keluar.
Backfire : dimana api dari combustion yang menyambar masuk ke jalur INTAKE atau
jalur masuk udara.
AfterFire : dimana api dari combustion menyambar ke jalur EXHAUST atau jalur
pembuangan udara.
apa 𝐩𝐞𝐧𝐲𝐞𝐛𝐚𝐛 𝐛𝐚𝐜𝐤𝐟𝐢𝐫𝐞 ?
1. timing pembakaran yang terlalu cepat.
2. klep/valve intake yang tidak tertutup rapat
sehingga ketika busi menyala, api akan merambat lewat jalur intake, sampai
keluar di karburator.
Kejadian ini sering terjadi juga di balapan DRAG, karena supply bahan bakar biasa di
setting sangat besar, dan terutama jika ada ditambahkan NITRO / NOS, yang
semakin memudahkan pembakaran terjadi. tapi di mesin dengan sistem injeksi ini
agak jarang terjadi, karena biasa supply bahan bakar sangat terukur dan hanya
terbatas sampai ke titik dimana injektor itu berada.
Bagaimana dengan 𝐀𝐟𝐭𝐞𝐫𝐟𝐢𝐫𝐞 ?
fenomena ini lebih umum terjadi, yang biasa menimbulkan efek suara ledakan di
knalpot, atau keluarnya api dari knalpot.
Apa penyebabnya?
Mungkin pernah liat api yang keluar dari knalpot ?
atau suara bletak bletak kaya bunyi tembakan yang keluar dari
knalpot motor/mobil?
Banyak yang menyebut ini adalah backfire, tapi sebenarnya ini
kurang tepat. yang lebih benar, fenomena ini dinamakan 𝐀𝐅𝐓𝐄𝐑𝐅𝐈𝐑𝐄.
Apa beda keduanya ?
𝐁𝐚𝐜𝐤𝐟𝐢𝐫𝐞
: dimana api dari combustion yang menyambar masuk ke jalur INTAKE atau jalur
masuk udara.
𝐀𝐟𝐭𝐞𝐫𝐅𝐢𝐫𝐞
: dimana api dari combustion menyambar ke jalur EXHAUST atau jalur pembuangan
udara.
Baca juga : Motor bakar wankel
Apa penyebabnya?
𝟏. 𝐬𝐞𝐭𝐭𝐢𝐧𝐠𝐚𝐧
𝐁𝐁𝐌 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐚𝐥𝐮
𝐛𝐚𝐬𝐚𝐡
bbm jadi tidak terbakar habis dan sisa bbm ikut terbuang ke
jalur pembuangan dan knalpot. ketika ini kena partikel oksigen dari luar, ini
bisa memercikan api dan terbakarlah sisa-sisa bbm dan ledakan kecil pun
terjadi. ini yang menimbulkan suara ledakan di knalpot.
𝟐. 𝐭𝐢𝐦𝐢𝐧𝐠
𝐩𝐞𝐦𝐛𝐚𝐤𝐚𝐫𝐚𝐧
𝐲𝐚𝐧𝐠
𝐭𝐞𝐥𝐚𝐭.
sehingga ketika klep pembuangan terbuka untuk membuang gas
buangan, proses combustion masih berlangsung, dan api dari combustion ini ikut
keluar ke jalur pembuangan
𝟑. 𝐬𝐞𝐭𝐭𝐢𝐧𝐠𝐚𝐧
𝐛𝐛𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐚𝐥𝐮
𝐤𝐞𝐫𝐢𝐧𝐠.
bbm yang terlalu kering, menyebabkan proses combustion yang
lambat juga, sehingga sewaktu klep pembuangan terbuka, proses combustion masih
berjalan dan api ikut terbuang keluar.
Baca juga : bore up dan stroke up dan hourse power dan torsi
Meski AFTERFIRE akan merugikan dan mengurangi kompresi, rupanya ini ada gunanya juga loh!, terutama untuk yang menggunakan TURBO di mesinnya.