TURBOCHARGER !!! SUPERCHARGER !!! ... apa sih sebenar fungsinya?
Apasih turbocharger dan supercharger
itu ?
Namun Sebelum itu kita harus mengetahui 3 unsur utama untuk meningkatkan power mesin (Dari segi pembakaran) :
2. Oksigen yang lebih banyak
Untuk membakar bahan bakar di perlukan oksigen yang sesuai, semakin banyak bahan bakar yang akan di bakar maka semakin banyak juga oksigen yang di perlukan, karena untuk mendapatkan campuran bahan bakar dengan oksigen yang sempurna sehingga mudah terbakar
3. Suhu yang tinggi
Diperlukan juga panas yang cukup supaya pembakaran dapat terjadi dengan maksimal
Fungsi Turbocharger dan supercharger : Baik supercharger maupun turbocharger pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu menekan udara ke dalam ruang bahan bakar agar memperoleh kompresi yang tinggi. Tingginya kompresi di ruang mesin ini akan menghasilkan tenaga yang besar.
Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal
yang mendapat daya dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari asap gas
buang kendaraan. Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk
meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan
udara yang memasuki mesin
Turbo
biasa digunakan untuk menambahkan power
untuk menambahkan power, kita perlu membakar energi yang lebih
banyak. yang artinya kita perlu membakar lebih banyak BBM. tapi BBM akan sulit terbakar, jika tidak diseimbangi dengan
penambahan supply oksigen, karena campuran bahan bakar dan oksigennya tidak
sesuai kebutuhan mesin.
TURBO adalah alat yang dipakai untuk menambah supply oksigen
kedalam ruang bakar, sehingga mesin kita siap untuk membakar bahan bakar lebih
banyak.
hanya dengan menambahkan TURBO, power yang didapat juga cukup
signifikan. turbo bisa menambahkan sekitar 30%-50% power pada kendaraan kita, namun
ini juga tergantung settingan dan besar turbo yang kita pasang. meski memberi penambahan performa yang
signifikan, Turbo juga mempunyai kelemahan yaitu karena tenaga utama yang
digunakan untuk memutar kipas turbin pada turbo berasal dan gas buangan mesin,
tentunya kecepatan putaran turbin ini sangat bergantung pada gas buangan mesin.
Baca juga : bagaimana cara menghitung cc pada mesin
Apalagi ketika kita menginjak pedal gas secara tiba- tiba, tentunya
Turbo membutuhkan beberapa waktu terlebih dahulu untuk mengumpulkan gas buangan
dari mesin yang akan digunakan untuk memutar turbin pada Turbo
Turbo Lag adalah Rentang wakti ketika kita menginjak
pedal gas, dan waktu ketika turbo mulai akan berputar dan memberikan kompresi
oksigen kedalam mesin kita. Untuk pengguna harian,
tentunya ini tidak terlalu bermasalah, tapi ini akan sangat signifikan efeknya
di dunia balap
Pilihan
lain untuk meningkatkan tenaga mesin, selain dengan Turbocharger, bisa juga
dengan menggunakan SUPERCHARGER.
perbedaan utama dengan turbo adalah di sistem penggeraknya.
dimana biasa turbo digerakkan dengan menggunakan gas buangan dari mesin,
Supercharger menggunakan langsung tenaga dari mesin untuk memutar Rotor, dan
efeknya tentunya akan tidak terdapat lag, karena putaran mesin secara instan
akan langsung memutar rotor pada supercharger. hasilnya, respon mesin akan
lebih terasa responsif.
Kelebihan
yang dimiliki supercharger adalah memberikan torsi dan power yang dihasilkan
lebih instan sehingga terasah lebih responsif, jika di bandingkan dengan
penggunaan turbo
Namun karena pengeraknya berasal dari putaran mesin tentunya ini juga akan membebani kerja mesin.
dan akan membuat konsumsi BBM akan semakin meningkat.
Baca juga : pembakaran-combustion
Turbocharger dan supercharger terkadang dapat membuat bingung. Dengan istilah “charger” pada namanya, kita akan mudah keliru antara turbocharger dan supercharger sebagai perangkat mesin yang terkait satu sama lain. Namun, ada beberapa perbedaan yakni :
Turbocharger dan supercharger
Perbedaan utama antara turbocharger dengan supercharger adalah sumber energinya. Turbocharger menggunakan gas buang kendaraan; dari kipas – kipas turbin dan kipas kompresor yang berputar akibat gas buang. Sebaliknya, supercharger mendapat daya langsung dari mesin; puli dengan sabuk bergerigi menggerakkan roda gigi yang menyebabkan kipas kompresor berputar.