Oksigen merupakan unsur penting dalam pembakaran, motor bakar sendiri oksigen juga sangat berperan penting dalam proses terjadinya pembakaran agar mesin
bisa mempunyai pembakaran yang maksimal, tentunya juga sangat diperlukan
asupan udara / oksigen yang maksimal.
udara akan masuk melalui Filter udara, dan volume udara yang masuk kedalam mesin kita akan diatur melalui Valve atau klep (pada motor 4 tak). disinilah
dimana biasa banyak dibuat pengaturan dan perhitungan yang lebih detail
oleh pembuat mesin. volume udara yang masuk, harus sesuai dengan yang dibutuhkan mesin, agar pembakaran dapat terjadi dengan sempurna, dan
tenaga yang dihasilkan maksimal .
Asupan udara
yang terlalu banyak, yang tidak seimbang dengan jumlah bahan bakar, akan
membuat pembakaran terlalu "kering" sehingga energi yang dihasilkan
malah akan semakin kecil.
Asupan udara yang terlalu sedikit,
tentunya juga tidak baik. komposisi perbandingan antara udara
dan bahan
bakar harus diperhitungkan dengan baik. untuk mengatur seberapa banyak udara yang masuk kedalam mesin kita, ini diatur oleh
1. ukuran dan jumlah valve (klep).
2. seberapa banyak valve itu membuka.
3. seberapa lama valve itu terbuka.
Pada motor bakar 4 tak pernapasan mesin diatur mesin diatur oleh salran intake dan exhaust (klep)
agar pembakaran pada mesin terjadi dengan baik dipelukan pernapasn mesin yang baik pula, karena ini mengapa terdapat berbagai jenis tipe valve yang di buat dan di kembangkan oleh pabrikan agar memaksimalkan pembarakan yang terjadi pada mesin .
Baca Juga: cara kerja motor 2 tak
bentuk desain valve yang paling sederhana adalah yang terdiri dengan 1 valve intake ( untuk saluran masuk ) dan 1 valve exhaust ( untuk saluran buang )
ukuran valve sendiri sangat berpengaruh, makin besar valve yang digunakan makin banyak juga volume udara yang masuk atau keluar, namun semua itu harus diatur semaksimal mungkin, ukuran valve masuk dan keluar pun harus berbeda.
jumlah valve juga bisa ditambah untuk memaksimal area lebih baik, sehingga jumlah oksigen yang masuk pada ruang bakar pun lebih maksimal, 2 valve yang berukuran kecil lebih baik daripada 1 valve berukuran besar, efektivtasnya bisa mencapi 30% - 40% lebih besar.
begitu pula dengan tinggi pembukaan valve dan seberapa lama valve membuka yang mana juga sangat berpengaruh, untuk tinggi pembukaan valve dan lama valve terbuka diatur oleh noken as
(camshaft)
Bentuk tonjolan pada camshaft akan mempengaruhi tinggi pembukaan valve dan seberapa lama valve akan terbuka, semakin tinggi tonjolan camsahft maka semakin tinggi pembukaan klep/valve, begitupula juga dengan semakin lebar camshaft maka semakin lama valve/klep dapat terbuka.
Bentuk desain valve juga sangat bervariasi dengan tujuan membuat asupan oksigen dan bahan bakar yang masuk dan sisa hasil pembakaran yang keluar semakin efisien, namun semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin.