Mekanisme katup
adalah rangkaian yang sudah tersistematis di mana tujuannya membuka
saluran intake. Pembukaan terjadi ketika piston dalam fase hisap dan
saat piston dalam fase buang maka saluran exhaust akan terbuka. Mekanisme
ini hanya diterapkan pada mesin kendaraan 4 tak. Berbeda dengan mesin 2 tak di mana saluran udara yang keluar dan masuk pada ruang bakar justru
diatur oleh piston.
Sehingga pada mesin 2 tak, dinding piston
yang berperan untuk membuka dan menutup saluran intake serta exhaust.
Sedangkan yang terjadi pada mesin 4 tak adalah udara masuk melalui
kepala silinder dan sistem Valve Mechanisme pun dibutuhkan.
Perbedaan ini juga bisa dilihat dari sistemnya. Di mana mekanisme katup dapat meneruskan putaran yang awalnya dari poros engkol menuju camshaft. Putaran ini akan terus berjalan agar katup bisa bekerja. Perputaran yang terjadi ini sama dengan langkah yang terjadi pada silinder mesin. Apabila disimpulkan, mekanisme ini tak hanya bisa bergerak, namun harus juga memiliki timing kerja yang sesuai. Sehingga udara yang masuk dan gas yang dibuang bisa sesuai
- OHV ( Over head valve )
- SOHC ( Single over camshaft )
- DOHC ( Double over camshaft )